Mengobati Panas Dalam Dengan Obat Alami dan Medis




Panas dalam bukanlah penyakit, namun panas dalam merupakan gejala penyakit yang menyerang bagian mulut, tenggorokan dan system pencernaan. Saat panas dalam pada tubuh berlebihan atau tidak seimbang, akan ada efek seperti tenggorokan sakit, tubuh lemas, sariawan, dan system pencernaan bermasalah.

Panas dalam merupakan sebuah gejala kondisi penyakit. Contohnya yaitu ketika adanya sakit tenggorokan, bisa menandakan bahwa ada peradangan didalam tubuh atau bisa karena amandel. Bibir pecah-pecah dan sariawan bisa jadi akibat kurang minum air atau dehidrasi. Sedangkan ketika pencernaan anda bermasalah bisa jadi karena anda kurang makan makanan berserat dan vitamin. Jadi, ketika anda merasakan gejala panas dalam, lebih baik ke dokter untuk diperiksa agar anda mengetahui penyakitnya.

Obat Panas Dalam Alami
Ketika anda terkena panas dalam, anda tidak harus pergi ke dokter. Anda bisa melakukan penanganan sementara untuk mengurangi rasa tidak nyaman dari panas dalam. Berikut beberapa obat untuk meredakan panas dalam secara alami :

1. Kumur Air Garam
Apabila anda mengalami ciri-ciri panas dalam seperti sakit tenggorokan dan sariawan, cobalah berkumur dengan air garam. Air garam dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan sariawan.

Caranya yaitu, siapkan segelas air putih hangat dan campurkan 1,5 sendok teh garam. Jika anda sakit tenggorokan, maka kumur air garam pada tenggorokan selama 10-15detik. Lalu, untuk sariawan, kumur pada sekitar mulut selama 15detik lalu buang kumur air. Lakukan secara rutin 1-3 kali sehari untuk mengurangi rasa sakit sariawan dan tenggorokan.

2.       Ramuan Air Jahe, Madu dan Lemon

Obat panas dalam ini harus dicampur dengan satu sendok teh masing-masing bubuk jahe dan madu, ½ sari lemon yang diperas, dan ½ gelas air panas. Seduh bubuk jahe dengan air hangat, lalu tambahkan perasan lemon dan madu.


Obat Panas Dalam yang Bisa Dibeli Di Apotik

1. Untuk Sariawan


Umumnya, sariawan disebabkan karena tubuh kekurangan nutrisi atau akibat lidah atau dinding mulut tidak sengaja tergigit. Namun, terkadang sariawan susah untuk sembuh. Anda dapat minum paracetamol atau menggunakan obat benzocaine untuk dioleskan pada area lepuhan sariawan.

2. Untuk sakit tenggorokan
Anda dapat menggunakan obat panas dalam untuk meredakan sakit tenggorokan atau untuk mengobati kondisi dasar lain yang menyebabkan sakit di tenggorokan. Obat yang dapat digunakan yaitu Paracetamol atau Ibuprofen.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengobati Panas Dalam Dengan Obat Alami dan Medis"

Post a Comment