Gejala dan tanda – tanda kanker yang harus diketahui

Gejala dan tanda – tanda kanker yang harus diketahui

Kanker merupakan penyakit penyebab resiko kematian no.1 didunia. Penyakit ini dapat muncul kapan saja dan dapat menyerang siapa saja tanpa menunjukkan gejala ataupun tanda-tanda.

Kanker memiliki berbagai jenis yang tidak semua jenis memberikan tanda-tanda atau gejalanya pada awal perkembangannya. Setelah kanker telah berkembang pesat, biasanya tanda-tanda atau gejalanya baru akan tampak. Padahal, dengan menemukan dan mewaspadai gejala kanker sejak awal, maka pengobatannya akan menjadi lebih mudah.

Bila sudah terlambat, maka kanker dapat menyebar ke berbagai organ tubuh dan akan menyulitkan proses penyembuhannya. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengetahui atau mengenali beberapa gejala kanker berikut ini :

1. Perubahan pada payudara

Payudara merupakan salah satu organ paling pribadi dan sangat penting, terutama pada wanita. Oleh karena itu, payudara harus selalu diperiksa secara berkala. Sebagai indikasi gejala kanker, kita harus mewaspadai ketika terjadi benjolan, penebalan, dan perubahan warna kulit menjadi kemerahan.

Bagi pria, mewaspadai terjadinya kanker juga berlaku pada kanker ayudara meskipun hal ini sangat jarang terjadi. Setiap ada benjolan pada payudara harus selalu diwaspadai, terutama jika keluar cairan dari bagian puting.

2. Rasa nyeri yang tidak biasa

Ketika seiring bertambahnya usia, maka akan sering merasakan nyeri. Namun, ketika rasa nyeri terjadi secara terus-menerus dan tidak biasa maka perlu diwaspadai. Karena merupakan tanda dari penyakit kanker. Terutama ketika nyeri ini bukan disebabkan karena luka atau sakit yang sebelumnya pernah anda rasakan.

3. Perubahan pada testis
Kanker testis?buah pelir sangat sering terjadi pada pria yang berusia 20-39 tahun. Ketika ukuran testis mengalami perubahan, baik membesar ataupun mengecil harus tetap diwaspadai. Terlebih ketika terjadi pembengkakan atau perasaan berat di skrotum. Kadang, kanker testis berkembang secara sangat cepat sehingga lebih baik anda mengetahui gejala dan tandanya sedini mungkin.

4. Perubahan pada kelenjar getah bening.

Jika anda menyadari ketika munculnya benjolan atau pembengkakan, baik pada ketiak, leher ataupun dimana saja sebaiknya perlu diwaspadai. Terutama ketika benjolan itu membesar dari hari ke hari dan berlangsung secara lama, bahkan hingga waktu lebih dari satu bulan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Gejala dan tanda – tanda kanker yang harus diketahui "

Post a Comment