Manfaat Bayam Untuk Kesehatan


Bayam merupakan salah satu sayuran yang mengandung vitamin dan mineral cukup lengkap. Kandungan yang terdapat di dalam bayam mulai dari Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, dan Vitamin K. Selain itu, di dalam bayam juga bantyak terdapat kandungan mineral seperti magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potassium dan sodium. Dengan banyaknya nutrisi-nutrisi yang terdapat dalam kandungan bayam, pastinya bayam memiliki manfaat yang sangat banyak.
Manfaat Bayam Untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat yang terdapat dalam bayam untuk kesehatan :

1. Mengurangi Radang

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari bayam yaitu dapat mengurangi radang. Bayam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu melawan radikal bebas penyebab peradangan. Pada penyakit rheumatoid arthritis atau rematik, peradangan merupakan penyebab munculnya nyeri pada sendi.

2. Baik bagi Penderita Diabetes

Bagi anda yang mengalami diabetes, anda dapat mencoba mendapatkan manfaat dari bayam. Bayam mengandung antioksidan yang dikenal sebagai alpha-lipoic, yang telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin, dan dapat mencegah perubahan oksidatif, yang dipicu stress pada pasien diabetes.

3. Mencegah Kanker

Pada beberapa penelitian, sayuran hijau seperti bayam mengandung klorofil. Klorofil sangat efektif untuk menghalangi efek karsinogenik. Karsinogenik adalah sebuah istilah yang menerangkan sifat dari zat-zat atau paparan bahan yang dapat memicu terjadinya kanker (karsinogen). Oleh karena itu, bayam dapat bermanfaat sebagai pencegah kanker.

4. Mencegah Anemia

Bayam merupakan salah satu sumber asupan zat besi yang baik, oleh karena itu, bayam bisa bermanfaat untuk mencegah anemia. Bayam juga mengandung oksalat yang dapat menghambat penyerapan zat besi bila dikonsumsi.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Selain wortel, bayam juga dapat bermanfaat untuk menyehatkan mata. Kandungan karotenoid yang terdapat pada bayam seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxhantin mampu melindungi anda terhadap penyakit penglihatan terkait usia, misalnya rabun senja dan degenerasi makula.

6. Menurunkan Resiko Penyakit Kardiovaskular

Manfaat sayur bayam selanjutnya sangat tidak disangka, ternyata sayur bayam dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular. Hal ini karena bayam memiliki kandungan serat yang kaya dan mineral yang dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah pembentukan plak di dalam pembuluh darah.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Bayam Untuk Kesehatan"

Post a Comment