Manfaat Membedong Bayi

Manfaat Membedong Bayi

Membedong bayi yang baru lahir selama beberapa bulan merupakan kepercayaan turun-temurun yang berguna untuk meluruskan kaki bayi. Namun, sebenarnya kaki bayi pun akan lurus dengan sendirinya tanpa di bedong. Membedong bayi menggunakan kain berbahan flannel dan berbentuk persegi empat sudah sejak dulu dilakukan. Tidak masalah jika kamu ingin membedong si kecil yang baru lahir. Namun, tujuan utama dari membedong bayi bukanlah karena takut kakinya bengkok, karena itu hanyalah sekedar mitos belaka.

Berikut beberapa manfaat membedong bayi yang sebenarnya :

1. Membantu bayi untuk tidur lebih nyenyak

American Academy of Pediatrics (APP) mengungkapkan bahwa dengan membedong bayi dapat membuatnya tidur lebih nyenyak dan nyaman, serta dapat membuat bayi merasa lebih tenang. Manfaat ini akan dirasakan oleh si kecil ketika anda membedongnya dengan cara yang benar dan tidak terlalu kencang.

2. Membuat bayi tidur lebih lama

Bayi yang baru lahir biasanya mengalami refleks moro atau kejut saat memasuki fase tidur nyenyak atau deep sleep. Bayi akan tiba-tiba terkejut tanpa sebab. Hal ini tentu akan mengganggu tidurnya sehingga dia tidak akan bisa tidur dengan lama. Oleh karena itu, membedong bayi dapat mengatasi refleks kejut tersebut dan membuat tidurnya kembali karena dia akan merasa seperti dipeluk.

3. Membuat bayi merasa nyaman

Membedong bayi menggunakan kain akan membuat bayi merasa hangat dan nyaman. kondisi ini akan mengingatkan bayi pada lingkungan saat masih berada didalam rahim. Bayi yang dibedong juga akan jarang menangis

4. Membantu ibu saat menyusuinya

Sebagian inu yang baru pertama kali menyusui biasanya akan merasa kesusahan untuk mencari posisi menyusui yang benar. Bayi juga akan seringkali banyak gerak untuk mencari posisi yang pas untuk menyusu, sehingga ibu juga akan semakin sulit menempatkan posisi menyusui yang benar dan nyaman. Oleh karena itu, dengan membedong bayi maka bayi akan lebih tenang dan juga dapat membantu memudahkan ibu untuk mendapat posisi menyusui yang lebih nyaman.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Membedong Bayi"

Post a Comment